Skip to main content

UI, U A A, DING DING PALALALA DING DING

L’Université d’Indonésie, notre université, la capitale du pays, blablablabla.
Cuman bisa nerjemahin segitu doang wkwkwk. Btw, itu lagu Genderang UI en français (80% yakin bener terjemahannya). Anak UI udah khatam lagu itu soalnya pas jadi maba wajib beut buat dihafalkan karena maba nanti bakal jadi padus pas wisudaan. Simbolis banget gak si? Jadi kayak regenerasi gitu, yang lama digantikan yang baru, dikumpulkan dalam satu tempat.

Oiya, ini merupakan sebuah curcol dan an appreciation post for myself karena udah diterima di UI! Isinya tentang pengalaman di masa awal diterima di FTUI. Ini post udah berdebu di draft soalnya males banget buat nulis beberapa bulan kebelakang. Gw diterima di UI itu jurusan Teknik Sipil via jalur SNMPTN tahun 2019.


Awalnya nih ya, Gw gak tau apa-apa samsek tentang teknil sipil dan has 0 interests wkwk. Ya iyalah, soalnya gw mulanya mau masuk ilmu komputer. Tapi karena saat pemeringkatan nilai rapor, nilai gw tidak aman, gw pindah haluan ke teknik sipil atas saran dari orang tua. Karena gw anak yang berbakti, ya nurut aja wkwk. Deng deng pas hari pengumuman keluar dah itu warna héjo. 100% seneng sih, tapi sedih juga. Di saat gw udah aman masuk PTN, temen-temen gw masih banyak yang berjuang belajar buat menghadapi UTBK.

Pengumuman SNMPTN ini kalo gak salah itu lagi di tengah UASBN. Jadi abis pengumuman itu gw langsung kek LEGA BANGET cuman belajar buat UASBN sama UN nanti. Nah berbuah manis juga deh UN gw wkwk. NEM UN gw 38,70! Jauh di atas NEM SMP gw (36,45).


Padahal tuh pas ngerjain UN gw gak 100% yakin bisa ngerjain matematika sama b. Inggris. Ada 2 soal yang ngasal padahal wkwkwk. Terus kimia ada 4 soal yang gak yakin bener, but turned out cuman 2 soal yang salah.

Fast forward ke bulan Agustus (soalnya gw cuman males-malesan doang pas libur sekolah). Di UI ada yang namanya OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa). Isinya kita diajarin make belajar kelompok dengan metode focus group dan home group. Terus diajarin juga cara make SCeLE (digantikan oleh EMAS). Ada juga Ospek Universitas yang lamanya 1 bulan (-_-). Ospek Univ ini ada yang namanya OKK UI. Lupa sih kepanjangan dari apa. Ini sumpah sih acaranya gila gokil beut. Datengin Najwa Shihab, Gubernur Jawa Tengah, Marion Jola, fourtwnty, Andovi dan saudaranya, dan mungkin masih ada terlewatkan gw lupa. Mereka semua gak tempil di hari yang sama ya tentunya (overwhelmed bgt klo semuanya berbarengan wkwkwk). Kita juga dapet masker gratis pas acara hutanku napasku sama unlimited water supply dari Aqua. Tapi pas acara penutupannya hectic banget panitianya wkwk. Gajadi buat formasi gitu-gitu.

Kalo padus gw ada cerita lucu. Awalnya gw mau ambil suara tenor karena gw tahu suara gw itu cempreng begitu kan ya wkwk. Tapi karena ga merhatiin saat dikasih tahu tempat duduk tenor, bass, alto, sopran, gw malah duduk di tempat bass! Gw gak nyadar samsek sampe akhirnya mau mulai tes nyanyi. Karena gw keburu telat + malu kalo pindah tempat duduk (soalnya nanti jadi pusat perhatian kalau jalan pas yang lainnya duduk di lantai. Overthinking bgt emg anaknya ni), I deciced to stay. Sebulan lamanya gw buat suara gw significantly lower. Sampe kerasa bertegetar kencang ini leher kalo nyanyi. Mana nada buat suara bass aneh banget kyk sumbang gitu wkwkwk (tapi masih jauh mendingan daripada nada suara alto WKWKWK).

Di padus ini gw belajar doremifasolasi sama panjang nada gitu. Gw sekarang bisa liat nada kek gini



dan bisa precisely sing it (with my below-average-makes-you-wanna-puke voice). Selama sebulan semua maba UI (kayaknya sih yang S1 sama Vokasi doang deh) kudu wajib harus latihan nyanyi semua lagu yang ada di kitab kuning. Btw, kitab kuning ini juga dipake sama Ketua BEM UI Zaadit Taqwa buat ngasih "kartu kuning" ke Pak Presiden Joko Widodo. Not something to be proud of, but worth mentioning I guess


Abis itu ada MADK atau Masa Adaptasi Dunia Kampus. Ini kek Ospek Fakultas gitu, tapi dilakuin perdepartemen. Kalo yang di bawah pengawasan dosen dan/atau dekan FT sih MADKnya berjalan aman, damai tentram, tapi kalo mereka udah pergi HOHOHOHO gw gak akan spill di sini. Lo cari di Google aja atau tanya anak FT, tapi gw menjamin mereka pasti akan tetap menutupi dengan alibi "Jalanin aja dulu" wkwwkwk.


Kirain abis MADK selesai? No! Ada yang namanya Mabim atau Masa Bimbingan buat dapetin suatu status. Status apa tuch? Jalanin aja dulu. Ini formatnya tergantung departemen ya. Kalo Dept. Teknik Sipil sih santuy, gak kayak dept. sebelah :3


Udah ah segini aja curhatnya wkwk. Makasih ya lo (kalo ada) udh meluangkan waktu untuk baca semua omong kosong ini. Lop lop.

Comments